SearchBox

10 Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Windows



Turbo

Pasti kalian pernah merasakan dan mengeluhkan apabila kinerja komputer/ laptop nya menurun atau bahkan sampai ada yang sering restart sendiri, lemot, bluescreen, dst.

Ini dia tips/trik cara mempercepat kinerja windows 7/8/10 :
  • Cek Fisik Hardware

Cek Fisik Hardware

Pertama sobat harus cek fisik hardware komputer/laptop terlebih dahulu karena 70% penyebab error biasanya terletak di hardware/perangkat keras. 

Sobat bisa cek dengan cara membuka casing komputer/laptop lalu lihat apakah banyak debu di dalam casing nya atau tidak, Apabila ternyata banyak debu nya sebaiknya sobat bersihkan dahulu.

Karena debu ini lah yang membuat komponen-komponen di komputer/laptop terhambat. Sobat bisa pakai penyedot debut/vacum cleaner atau kuas untuk membersihkan nya.

  • Upgrade Kapasitas ram/hardisk/graphic

Upgrade Kapasitas ram/hardisk/graphic

Karena dengan menambahkan atau meng upgrade hardware tersebut maka kinerja komputer/laptop sobat akan meningkat tetapi akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membelinya.

  • Matikan Service yang tidak penting

Matikan Service yang tidak penting

Mematikan service-service yang tidak penting di windows dapat mempercepat kinerjanya loh, Sobat Bisa baca artikel 20+ Services yang Aman Untuk di Hentikan

  • Memisahkan File system dan Data pribadi

Memisahkan File system dan Data pribadi

Memisahkan File system dan Data pribadi maksudnya File system itu system operasi, driver dan software yang terdapat di Local Disk C. 

Jadi Sobat jangan menyimpan data-data pribadi di Local Disk C karena apabila kapasitas di Local Disk C/File System sobat penuh maka kinerja windows akan terhambat.

  • Uninstall Program tidak penting

Uninstall Program tidak penting

Uninstall program-program yang sekiranya tidak terpakai atau tidak sobat gunakan lagi, Karena semakin banyak program yang terinstall maka membutuhkan ram dan space hardisk yang besar juga.

  • Mematikan Start-Up yang tidak penting

Mematikan Start-Up yang tidak penting

Pasti dari sobat pernah merasakan kalau komputer/laptop baru dinyalakan/boot loading nya lama hingga 2-5 menit berarti bisa jadi banyak startup yang berjalan di windows sobat. 

Cara mematikan startup pun mudah, sobat tinggal ke task manager > startup seperti gambar di atas.


Menggunakan Software Utilities

Memakai/menggunakan software utilities contoh nya ccleaner, tune up utilities, windows repair dan lainnya. 
Wajib sobat install salah satunya karena banyak fitur-fitur di dalam software utilities tersebut yang membantu agar kinerja windows sobat meningkat.


Rutin scan dengan Antivirus

Rutin scan komputer/laptop dengan antivirus minimal 1 bulan sekali karena apabila komputer/laptop kalian terserang virus akan menurunkan kinerja komputer/laptop.

Lebih parahnya apabila sobat tidak rutin scan menggunakan antivirus bisa menyebabkan file atau data pribadi sobat terserang virus dan akhirnya akan menyerang filing system windows.

  • Kelola Dekstop

Kelola Dekstop

Kelola dekstop karena apabila banyak file atau aplikasi di dekstop akan memperlambat atau menghambat kinerja komputer/laptop.

Sobat bisa membuat folder-folder khusus tersendiri di dekstop apabila terdapat banyak shortcut program/data pribadi.

  • Defragmenter Hardisk

Defragmenter Hardisk

Mendefrag hardisk sobat minimal 3 bulan sekali karena defrag ini menjaga kestabilan hardisk komputer/laptop dan memperbaiki bad sector. Kecuali apabila sobat memakai ssd tidak perlu di defrag karena ssd tidak memakai piringan cakram seperti hardisk .

Sekarang sobat sudah tahu kan tips dan caranya hehe, Jadi nunggu apalagi ayo terapkan dijamin deh komputer/laptop sobat akan balik ke kondisi normal bahkan lebih cepat. 

Mungkin sekian dulu artikel tentang cara mempercepat kinerja windows 7/8/10, Untuk Sobat yang Masih Bingung dan Ada yang Ingin di Tanyakan Silahkan Meninggalkan Pesan Pada Kolom Komentar.

Terima Kasih Sudah Mengunjungi dan Download Software di MAS-13 | Tempatnya Download Software PC Terbaru




Kirim Komentar


EmoticonEmoticon

MAS-13 | Tempatnya Download Software TerbaruMuhamad Anjas Saputra
MAS-13
Kota
Bogor, Jawa Barat, 16165Indonesia
0895702661619

This hCard created with the hCard creator.